Oleh: em44y | 12 Maret, 2010

Kompilasi Kernel Cara Lain

1. Update cache repository
Code:

# apt-get update

2. Install paket-paket yang diperlukan untuk kompilasi kernel.
Code:

# apt-get install kernel-package libncurses5-dev fakeroot wget bzip2 build-essential udev

3. Download The Kernel Vanilla (source kernel) di Kernel.org
Code:

# cd /usr/src
# wget http://www.kernel.org/pub/linux/kern…2.6.25.tar.bz2

Buat liat semua kernel versi 2.6, silakan ke: <http://www.kernel.org/pub/linux/kernel/v2.6/&gt;
4. Setelah di download trus di ekstrak dan bikin sym-link linux:
Code:

# tar xjvf linux-2.6.25.tar.bz2
# rm linux
# ln -s linux.2.6.25 linux
# cd /usr/src/linux

5. Patching kernel (kalo mau)
Patch kernel biasanya klo ada hardware yang blom disupport atau ada vulnerability. Cara patch kernel, misalkan patch kernel dah didownload <contoh:http://www.kernel.org/pub/linux/kernel/v2.6/patch-2.6.25.bz2&gt; silakan lakukan:
Code:

# bzip2 -dc /usr/src/patch.bz2 | patch -p1 –dry-run
# bzip2 -dc /usr/src/patch.bz2 | patch -p1

Untuk perintah yang pertama, hanya untuk mengetest patch berjalan dengan baik atau tidak (tidak diinstall), klo ga ada error berarti aman untuk diinstall. Atau klo patchnya di arsip pake Gzip:
Code:

# gunzip -c /usr/src/patch.gz | patch -p1 –dry-run
# gunzip -c /usr/src/patch.gz | patch -p1

Prinsipnya sama aja sih :P Lanjuuut…
Oiya, klo mau patch kernel ke yang lebih baru, misalkan menggunakan kernel 2.6.24.3 dan patch kernel 2.6.25-rc8 sudah keluar, tapi versi stable dari kernel 2.6.25 belum keluar, maka harus dipastikan bahwa kita mendownload kernel 2.6.24 dulu (dilarang patch kernel 2.6.24.3 dengan patch kernel 2.6.25-rc8), lalu diekstrak setelah itu baru install patch kernel 2.6.25-rc8. (mudah-mudahan ga bingung, )
6. Konfigurasi Kernel baru
Ok, sekarang harusnya kita berada pada direktori /usr/src/linux, klo ga yakin jalanin pwd
Code:

# pwd
/usr/src/linux

sekarang kita konfigurasi kernelnya:
Code:

# make clean && make mrproper
# cp /boot/config-`uname -r` ./.config

Perintah diatas untuk mengkopi config kernel yang terinstall ke config kernel yang baru. Klo sudah jalanin:
Code:

# make menuconfig

Klo sudah, pilih exit dan simpan konfigurasinya.
7. Kompilasi kernel
Untuk kompilasi kernel, eksekusi:
Code:

# make-kpkg clean
# fakeroot make deb-pkg

Silakan menunggu, kompilasi dalam proses.
8. Instalasi kernel
Klo sudah, silakan cek ke direktori /usr/src dan install kernel baru:
Code:

# cd /usr/src
# ls -l

pastikan ada kernel baru dengan nama paket linux-image-2.6.25-custom_2.6.25_custom-10.00.Custom_i386.deb dan linux-headers-2.6.25-custom_2.6.25-custom-10.00.Custom_i386.deb. Lakukan instalasi:
Code:

# dpkg -i linux-image-2.6.25-custom_2.6.25_custom-10.00.Custom_i386.deb
# dpkg -i linux-headers-2.6.25-custom_2.6.25-custom-10.00.Custom_i386.deb

9. Lakukan reboot dan pilih kernel baru.
Code:

# shutdown -r now

atau
Code:

# init 6

Ref : http://annotes.wordpress.com/2010/03/11/compile-kernel/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: